PT Pos Indonesia berencana meluncurkan Posmart, sebuah bisnis
perdagangan retail memanfaatkan jaringan kantor pos di seluruh tanah
air sebagai tokonya.
Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana mengatakan dengan
jumlah empat toko percontohan di Jakarta, ia berharap tahun depan
bisnisnya bisa dijalankan hingga ke daerah. "Tahun 2013 program ini
dikembangkan," katanya di Yogyakarta, Senin 19 November 2012.
Menurut dia, PT Pos memiliki jaringan sangat luas. Terdapat 4.012
titik layanan di seluruh tanah air, 3.437 di antaranya merupakan kantor
pos. Jika dulu titik-titik layanan bekerja secara manual, kini telah
terhubung secara online. "Kecuali untuk daerah yang tak memiliki
jaringan komunikasi," katanya.
Strategi bisnis PT Pos, kata dia, telah berubah. Dari postel company
menjadi network company, sehingga tak sekadar melayani pengiriman surat
dan paket tapi juga transaksi keungan, properti, hingga toko online dan
retail.
Rencana pendirian Posmart merupakan upaya memanfaatkan aset mili
pos, baik dalam bentuk jaringan dan fisik bangunan. Banyak dari kantor
pos dinilai masih memiliki ruang yang bisa dimanfaatkan, menjadi satu
diantaranya toko retail.
Menggunkana branding toko Pos Shop, toko retail ini dibangun dengan
menawarkan kerjasama dengan toko retail yang ada, semisal Alfamart,
Indomart, atau Seven-Eleven. Meski pengelolaan toko diserahkan pada
pengelola retail itu, model kerjasama dari PT Pos tak sekadar
menyewakan tempat. "Tapi bagi hasil (keuntungan)," katanya.
Selasa, 04 Desember 2012
PT. Pos Akan Luncurkan Posmart Bisnis Retail
06.24
syukurposindonesia
No comments
0 komentar:
Posting Komentar